MENGENAL SOSOK KH. ADNAN SYARIF , LC

KH M Adnan Syarif, LC, MA, Pengasuh Pondok Pesantren Kiai Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang Lumajang Jawa Timur wafat, Senin (23/11/2020). Alumnus Pesantren Tebuireng Jombang itu pernah belajar lama di Saudi Arabia. Sepulang belajar dari Saudi Arabia, Kiai Adnan Syarif kembali ke Pesantren Tebuireng untuk mengajar bahasa Arab. Di Pesantren yang didirikan Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari itu, Kiai Adnan Syarif bersama para ustadz di Tebuireng mendirikan Markazul Lughoh, pusat pendidikan bahasa Arab.

Para siswa yang diterima di Markazul Lughoh itu para santri senior yang sudah menguasai dasar-dasar bahasa Arab. Jadi, para santri yang diterima di Markazul Lughoh adalah mereka yang sudah melewati tes bahasa Arab yang ketat.

Setelah beberapa tahun mengabdi di Pesantren Tebuireng, Kiai Adnan Syarif pulang ke Lumajang meneruskan pondok pesantren warisan abahnya, yaitu Pondok Pesantren Kiai Syarifuddin. Saat kembali ke Lumajang itu, Kiai Adnan Syarif aktif di NU dan juga pernah menjadi ketua Dewan Syuro PKB Lumajang.

Pesantren Kiai Syarifuddin cukup besar dan memiliki ribuan santri. Pesantren ini juga dikelola bersama saudara-saudaranya, yaitu KH Sulaha Syarif dan KH Syuhada Syarif. Namun Kiai Syuhada Syarif yang juga alumnus Tebuireng kemudian mendirikan pondok pesantren di Jember. Kiai Syuhada Syarif yang pernah menjadi Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Tebuireng juga aktif sebagai pengurus NU.

Belum ada Komentar untuk "MENGENAL SOSOK KH. ADNAN SYARIF , LC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel